Posted by: Adrio | October 18, 2009

What it’s “Telematika”?


Mutimedia PC 2Telematika adalah salah satu bentuk nyata dari perkembangan teknologi digital. Di era modern seperti saat sekarang ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari teknologi yang berbasis digital. Teknologi bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder melainkan telah menjadi suatu kebutuhan pokok/primer. Sebagai contoh, saat ini mungkin hampir semua orang sudah memiliki Handphone mulai dari anak SMP, SMA, mahasiswa bahkan sampai anak SD sudah mempunyai salah satu wujud nyata dari telematika yang satu ini.

Ok,, sekarang kita kembali lagi ke Telematika.

Telematika yang berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Namun banyak juga para ahli yang menyatakan TELEMATICS adalah perpaduan antara TELECOMMUNICATION dan INFORMATICS. Yaitu gabungan antara konsep COMPUTING dan COMMUNICATION.

Perkembangan teknologi digital ini memicu terjadinya perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika yang semakin padu. Perkembangan inilah sebagai dasar dari munculnya istilah telematika sebagai sistem elektronik berbasis teknologi digital. Perkembangan telematika berwujud dalam penyelenggaran suatu sistem elektronik, baik yang terkoneksi melalui internet maupun yang tidak terkoneksi dengan internet. Jadi bisa kita lihat bahwa cakupan dari telematika tidak hanya sekedar analisa dari foto-foto digital atau suara seperti yang sering dilakukan oleh Mr. Roy Suryo, melainkan cakupan telematika saat ini sudah begitu sangat luas.

Kita bisa lihat pada saat sekarang ini hampir semua perusahaan / industri baik yang bergerak di bidang teknologi maupun tidak sudah memanfaatkan teknologi digital sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan mereka. Itu berarti mereka juga sudah memanfaatkan telematika. Contoh lain dari pemanfaatan telematika pada saat sekarang ini misalnya, e-business, e-commerce, e-government, e-health, e-education dan hal-hal lain yang berkaitan dengan komunikasi dan computing yang dilakukan oleh manusia. Sedangkan dalam pemanfaatan dalam bidang hardware bisa kita temui misalnya dalam teknologi sistem navigasi / penempatan global atau yang sering disebut GPS(Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah(mobile communication technology).

gps_penunjuk_arah


Responses

  1. Wow…..ternyata telematika sudah banyak digunakan di berbagai bidang bahkan di kehidupan sehari-hari ya ^_^…


Leave a comment

Categories